Definisi Singkat Transportasi, Beserta Dengan Jenis & Fungsinya

Transportasi merupakan salah satu akomodasi pemindahan barang dan manusia dari tempat satu ke tempat tujuan lainnya, menggunakan sebuah angkutan kendaraan yang digerakkan oleh manusia ataupun mesin yang ada. Transportasi juga terdapat unsur yang terkait erat dalam berjalannya konsep transportasi itu sendiri. Unsur-unsur yang ada dalam sebuah transportasi adalah seperti manusia yang membutuhkan, barang yang dibutuhkan, kendaraan sebagai alat ataupun sarana, jalan dan terminal sebagai prasarana transportasi, serta organisasi yang berfungsi sebagai pengelola transportasi.

Pada saat ini kami akan menjelaskan beberapa fungi dan jenis transportasi itu sendiri untuk memberikan pengertian berupa penjelasan kepada kalain. Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Jenis, Fungsi, & Manfaat Suatu Transportasi

Fungsi & Manfaat Sebuah Transportasi

Transportasi memiliki fungsi yang terbagi menjadi dua yaitu melancarkan arus barang dan manusia yang dapat menunjang perkembangan pembangunan (the promoting sector). Dna untuk manfaat transportas itu sendiri dibagi menjadi 3 klasifikasi, yaitu:

1. Ekonomi

Kegiatan ekonomi ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan menciptakan manfaat. Transportasi merupakan salah satu kegiatabn yang menyangkut pada peningkatan kebutuhan manusia dengan mengubah letak greografis barang dan orang sehingga akan menimbulkan adanya sebuah transaksi.

2. Sosial

Transportasi menyediakan beberapa kemudahan, seperti pelayanan untuk perorangan atau kelomnpok, pertukaran atau penyimpanan informasi, perjalanan bersantai, memendekkan jarak, serta memencarkan penduduk.

3. Politis

Manfaat transportasi lainnya adalah untuk menciptakan persatuan, pelayanan lebih luas, keamanan negara, serta mengatasi bencana, dan lain sebagainya.

4. Kewilayahan

Tranbsportasi juga berperan dalam memenuhi segala kebutuhan penduduk baik kota maupun desa, bahkan pedalaman. Terutama berkaitan dengan sirkulasi dan mobilisasi serta perangsang pembangunan.

Jenis Transportasi & Alat Transportasi

Jenis transportasi di bawah ini juga terbagi atas dua kategori, yaitu beradasarkan jalur yang dilalui, serta dengan kepemilikannya. Jenis-jenis transportasi itu sendiri terbagi menjadi 3 jenis berdasarkan jalur yang dilalui, yaitu:

1. Transportasi Darat

Transportasi Darat ini dipilih berdasarkan faktor-faktor seperti jenis dan spesifikasi kendaraan, baik pada jarak perjalanan, tujuan perjalanan, ketersediaan alat transportasi, ukuran kota dan kerapatan permukiman, faktor sosial-ekonomi.

2. Transportasi Air

Selanjutnya adalah sebuah sarana kendaraan yang tidak melalui darat, melainkan air, seperti sungai, danau, laut, bahkan pulau.

3. Transportasi Udara

Alat transportasi jenis ini dapat menjangkau seluruh tempat yang tidak dapat ditempuh oleh alat transportasi darat ataupun laut. Transportasi ini juga mampu bergerak lebih cepat dan memiliki lintasan yang lurus, serta praktis an bebeas hambatan. Contoh jenis alat transportasi udara ini misalnya seperti pesawat terbang, helikopter, balon udara, dan lain sebagainya.

Selain itu terdapat juga 2 jenis transportasi yang di mana berdasarkan dari jenis kepemilikannya, seperti:

1. Transportasi Pribadi

Transportas jenis ini adalah kendaraan yang bisa dimiliki oleh setiap orang, biasanya berupa mobil, motor, sepeda, dan lain sebagainya. Untuk jenis alat transportas ini biasanya kita harus memiliki cukup banyak uang untuk dapat memiliki sebuah jenis alat tranportasi ini.

2. Transportasi Publik

Jenis alat transportasi lainnya adalah seluruh alat transportasi di mana penumpang tidak berpergian menggunakan kendaraan sendiri. Alat transportasi jenis ini biasanya berupa kereta, bus, bahkan fasilitas maskapai penerbangan, feri, taxi, dan lain sebagainya. Untuk transportasi publik ini sendiri tidak dapat dilepaskan dari konsep kendaraan umum.

Nah itu dia beberapa definisi, fungsi, manfaat, serta jenis yang perlu kalian ketahui pada sebuha transportasi.