Daftar Jenis Kereta Api yang Wajib Kalian Ketahui

Kereta api merupakan salah satu transportasi kendaraan dengan tenaga gerak baik berjalan sendiri ataupun dirangkai dengan kendaraan lain. Kendaraan ini sendiri bergerak di rel yang berjalan pada lintasan ataupun jaringan rel yang sesuai. Hal ini menjadi keunggulan jenis tranportasi ini karena lalu lintas yang dilaluinya tidak perlu terganggu. Kereta api sendiri adalah transportasi massal yang terdiri dari lokomotif dan rangkaian kereta ataupun gerbong. Kereta api juga merupakan salah satu kendaraan yang paling efisien digunakan dengan jumlah penumpang yang tinggi. Kali ini kami akan menjelaskan beberapa jenis macam kereta api yang wajib kalian ketahui. Penasaran? Simak daftar lengkapnya berikut di bawah ini.

Jenis Jenis Kereta Api yang Wajib Kalian Ketahui

1. Kereta Api Uap

Jenis kereta yang pertama ini merupakan salah satu transportasu yang bergerak dengan uap air yang dibangkitkan dan dihasilkan dari ketel uap yang dipanaskan dengan kayu bakar, batu bara, hingga minyak bakar. Kendaraan ini sejak pertama kali dibangun di Indonesia pada tahun 1867 di Semarang dengan telah menggunakan lokomotif uap. Pada umumnya lokomotif buatan Jerman, Inggris, Amerika Serikat dan Belanda. Untuk menggerakan roda kereta ini adalah dari ketel uap dengan dialirkan ke ruang dimana piston diletakkan. Uap air ini maduk dalam ruang piston oleh suatu mekanisme yang langdung ditunjukkan dalam sebuah gambar. Piston ini juga akan menggerakkan roda melalui mekanisme gerakan maju mundur hingga gerak putar.

2. Kereta Rel Listrik

Selanjutnya adalah KRL yang merupakan kereta rel yang bergerak dengan sistem propulsi motor listrik. Dimana Indonesia, memiliki KRL yang berada di kawasan Jakarta. Dimana kereta satu ini berbeda dengan lokomotif listrik. Di Hindia Belanda ini, KRL pertama kali digunakan untuk menghubungkan Batavia dengan Jatinegara ataupun Meester Cornelis pada tahun 1925. Dimana waktu ini digunakan sebagai rangkaian kereta rel listrik sebanyak 2 kereta yang dapat disambung menjadi 4 kereta oleh Werkspoor dan Heemaf Hengelo. Pada tahun 1960, kereta api dengan tenaga listrik juga sempat digunakan selama beberapa lama karena kondisi mesin lokomotif dan kereta yang tidak memadai lagi.

3.  Kereta Sleeper

Kereta lainnya adalah sebuah transportasi yang terdiri dari dua kereta, yaitu Luxury 1 dan Luxury 2. Fasilitas yang ada di kereta ini, antara lain AC, toilet, rak bagasi, universal port, rak bagasi, universal port, resclining seat hingga mencapai 170 derajat. Kereta ini dapat menampung hingga 18 penumpang banyaknya. Di tahun lalu, KAI juga telah merilis 3 kereta sleeper luxury 1  yang dirangkaikan pada sebuah kereta Argo Bromo Anggrek relasi Gambir hingga Surabaya Pasar Turi.

4. Kereta Wisata

Berikutnya adalah kereta api yang dijadikan sebagai transportasi wisata. Transportasi ini sudah dilengkapi oleh fasilitas AC, televisi, layar hiburan sentuh, audio, video, toilet luas, mini bar, dan lain sebagainya. Kereta ini dapat menampung kapasitas hingga 19 penumpang untuk KA Nusantara, 20 penumpang untuk KA Bali, dan 22 penumpang untuk KA Toraja.

5. Kereta Lokal

Dan yang terakhir adalah PT KAI memiliki tiga rel kereta, yaitu KRL (Kereta Rel Listrik), KRD (Kereta Rel Diesel), dan LRT. Kereta ini memiliki kapasitas satu rangkaian yang terdiri dari 4 gerbong yang mampu menampung hingga 200 orang banyaknya.

Nah itu dia beberapa jenis kereta api yang wajib kalian ketahui. Kereta api jenis manakah yang kalian sukai?